Monday 16 March 2015

Fitur Keren Microsoft Word yang Mempermudah Pembuatan Dokumen

Kali ini, saya akan membahas aplikasi pengolah kata. Terdapat berbagai aplikasi pengolah kata, seperti Microsoft Word, Libre Office Writer, Open Office Writer, dan Kingsoft Office. Tapi yang akan saya bahas kali ini hanya satu, yaitu Microsoft Word. Teman-teman pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Microsoft Word mempunyai berbagai fitur yang mempermudah kita dalam membuat dokumen. Beberapa fitur Microsoft Word akan saya bahas kali ini, yaitu:

1. Mail Merge
Mail Merge dapat digunakan untuk membuat surat massal. Jadi, buat teman-teman yang aktif di organisasi, fitur ini berguna untuk membuat surat maupun sertifikat. 
Caranya, buat dokumen surat atau sertifikat.

Kemudian, klik Mailing pada menu bar, klik start mail merge – step by step mail merge wizard. Pilih letter, kemudian klik Next : Starting document.

Pilih Use the current document pada step 2. Klik Next: Select recipients. Pilih type a new list pada step 3. Klik Create.

Klik Customize Colums, hapus kolom hingga tersisa sejumlah kolom yang dibutuhkan. Rename kolom. Isi Entry sesuai dengan data. Jika sudah, klik OK.

Klik Next : Write yout letter. Pilih tempat dimana entry diletakkan dalam surat atau sertifikat. Klik more item, pilih merge field. Jika sudah, klik next preview your letters.


Untuk melihat hasilnya, klik disini.
2. Page Number
Cara membuat page number atau nomor halaman sangat mudah, pasti sebagian besar dari teman-teman sudah tahu. Tapi, kadang dalam penulisan karya ilmiah kita menggunakan beberapa jenis angka, misalnya pada kata pengantar, abstrak, daftar isi kita menggunakan angka romawi (I, ii, iii, …) sedangkan pada bagian isi menggunakan angka latin (1, 2,3, …). Kita bisa melakukannya menggunakan fitur section break.
Caranya, klik menu page layout – breaks –Next page. Dokumen telah terbagi menjadi 2 bagian.
Pilih halaman pada bagian awal dokumen. Klik Insert – page number. Format page number untuk mengubah angka menjadi bilangan romawi.

Pilih halaman pada bagian akhir dokumen. Lakukan format page number lagi, ubah angka pada start at page menjadi 1.

Untuk melihat hasilnya, klik disini.
3. Daftar Isi Otomatis
Membuat daftar isi memang sedikit merepotkan. Tapi, ada cara membuat daftar isi secara otomatis, yaitu:
Blok Judul Bab, klik heading 1 pada menu home.

Blok judul subbab, klik heading 2 pada menu home.

Lakukan pada semua bab dan subbab. Jika sudah, klik menu references – table of content, dan daftar isi akan terbuat secara otomatis.
Untuk melihat hasilnya, klik disini.

4.Equation Editor
Equation editor adalah fitur yang memungkinkan kita memasukkan penghitungan matematika dengan symbol-simbol rumit seperti integral, sigma, limit, matriks, dan lain-lain.
Caranya tinggal klik insert - equation, kemudian pilih equation yang diinginkan.

Untuk melihat hasilnya, klik disini.


5. Auto Text
Dengan menggunakan fitur Auto Text, kita bisa menyisipkan teks tertentu secara cepat. Caranya, blok teks, klik Alt + F3 secara bersamaan. Pada New Building Block, klik OK.

Jika ingin menyisipkan teks tersebut ke dalam dokumen, klik insert – quick parts.


No comments:

Post a Comment