Saturday 7 March 2015

Manajemen File pada Sistem Operasi Android

Halo, jumpa lagi dengan tugas mata kuliah Penerapan Komputer. Kalau minggu lalu tugas saya adalah kustomisasi perangkat keras pada komputer (baca disini), kali ini tugas penerapan komputer saya adalah eksplorasi beberapa fasilitas pada sistem operasi Android. Keren kan tugas saya?
Fasilitas OS Android yang akan saya bahas kali ini adalah manajemen file dan directory, fasilitas kompresi pada android, dan juga fasilitas system android. Handphone yang saya gunakan pada eksplorasi OS Android ini adalah Nokia XL, meski sekilas tampilannya tampak seperti Windows Phone karena kotak-kotak seperti Windows 8, tapi sebenarnya Nokia XL menggunakan sistem operasi Android.
Nah berikut ini beberapa fasilitas sistem operasi Android:

1. Manajemen file dan directory
Pertama buka program ASTRO file manager

Setelah itu akan muncul tampilan awal ASTRO file manager seperti ini. Buka drive atau folder dengan menyentuhnya pada layar. Selanjutnya kita bisa mencari lokasi file atau folder yang kita inginkan.




Jika file atau folder yang kita inginkan sudah kita temukan, sentuh dan tahan agak lama, kemudian akan muncul tampilan seperti ini.
Kita bisa menyalin file dengan memilih copy atau memindahkan file dengan memilih move, kemudian paste di tempat yang kita inginkan.

Untuk merubah nama file tap rename.

Untuk menghapus file tap delete.

Tekan more untuk fungsi lainnya. Open As untuk membuka file dalam beberapa format, properties untuk melihat informasi file, Share untuk mengirim file via Bluetooth, email, dan lain-lain.



Jika Anda ingin membuat folder baru, tekan tombol pada pojok kanan atas layar. Kemudian, tekan new folder.

2. Fasilitas kompresi file pada Android
Buka ASTRO file manager. Pilih file atau folder yang ingin Anda kompres. Tekan dan tahan hingga muncul tampilan seperti berikut.

Tekan more, kemudian pilih Zip. Selanjutnya tentukan nama file dan tekan Create. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
Kompresi file telah selesai.

3. Fasilitas Utilitas Sistem Android
Pada ASTRO file Manager, geser layar ke arah kiri. Terdapat tiga tools yang dapat digunakan.

SD Card usage untuk mengetahui penggunaan memori pada SD card.

Task killer.


Application Manager untuk mengelola aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang. Melalui application manager, kita bisa melakukan backup, uninstall aplikasi, atau hanya melihat properties dari aplikasi.

Sekian tugas mata kuliah penerapan komputer saya kali ini. Sampai jumpa pada tugas selanjutnya pada minggu yang akan datang.

No comments:

Post a Comment