Friday 6 March 2015

Review Film XII IPA 2 - TIDAK!!!

TIDAK adalah film pendek yang aku buat bersama teman-temanku untuk tugas akhir sekolah. Aku berperan sebagai diriku sendiri; Aziz yang merupakan tokoh utama di film ini. Sekarang aku mau post tentang review filmku, supaya film ini makin terkenal khususnya di kalangan cewek. Nanti kalau cewek-cewek nonton film ini mereka pasti bilang “Tokoh utamanya ganteng banget!” terus mereka add facebook aku: Aziz Akbar, terus kenalan, jadian deh.

TONTON FILM XII IPA 2 SMANSASEL -TIDAK! DISINI

Tulisan yang dimiringin itu bukan Aziz yang ngetik, tapi temen Aziz. Jadi kalau ada kata-kata yang salah jangan salahin Aziz. Gini review filmnya:

Film TIDAK adalah sebuah film pendek karya siswa SMAN 1 Selong dalam ajang Apresiasi Film Siswa (AFS). Di film ini, Aziz diceritakan sebagai siswa pindahan yang kaya karena merupakan anak juragan tembakau di Kecamatan Keruak Lombok Timur. Di sekolah barunya, Aziz jatuh cinta pada seorang siswi bernama Kirana. Dengan dibantu dua orang sahabatnya, Dani dan Jaya, Aziz melakukan berbagai cara untuk mendekati Kirana. Tapi, entah bakat atau warisan dari orang tuanya, Aziz selalu saja sial dan semua usahanya untuk mendekati Kirana berakhir dengan kegagalan. Cinta ditolak dukun pun bertindak, Aziz akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan Mbah Bandicot, seorang dukun sakti. Apakah Aziz akhirnya bisa mendapatkan Kirana?
Film ini dibuat dengan waktu yang sangat terbatas. Jadi, penggarapan film ini sangat cepat dan terburu-buru. Beberapa adegan memang kurang maksimal, misalnya saat Aziz memperkenalkan diri, Aziz berkali-kali melihat ke arah  kamera atau saat adegan seorang siswi menampar pacarnya, si pacar sebelum ditampar telah terlebih dahulu menunjukkan ekspresi takut, seakan sudah tahu kalau akan ditampar. Begitu juga dengan pengeditan video, adegan Dani dan Jaya menyemangati Aziz tidak dipotong dengan rapi.
Terlepas dari kekurangannya, film ini menarik untuk ditonton. Tema dan cerita sebenanrya cukup  sederhana, yaitu perjuangan seorang siswa untuk mendapat pacar. Genre film juga sering diangkat dalam film AFS lainnya yaitu comedy-romance. Tapi dari kesederhanaannya itulah film ini ringan dan menghibur. Hal yang paling unik dari film ini adalah karena pembuatannya terburu-buru, scenario film ini dibuat hanya garis besarnya saja dan tanpa dialog, sehingga para pemain berperan berdasarkan spontanitas masing-masing. Karena itu, sebagian besar adegan di film ini spontan berdasarkan kreativitas pemain. Selain itu, karena tidak ada dialog dalam naskah, pemain dapat berbicara secara spontan dan sesuai dengan gaya bicaranya masing-masing.
Film TIDAK merupakan film yang dikerjakan dalam waktu yang sangat terbatas, karena itu film ini cukup sederhana dan kebanyakan adegannya berdasarkan spontanitas pemain.



Tapi menurut Aziz sendiri sih, hal yang paling menarik dari film ini adalah tokoh utamanya yang ganteng. Aku memang cocok jadi tokoh utama. Cerita dalam film ini tidak sesuai dengan kenyataan, karena kalau aku deketin cewek pasti cewek itu suka sama aku. Masak aku yang playboy professional gini jadi jomblo terhina di film kelas sendiri. Ya udah, nggak apa-apa, yang penting aku makin terkenal karena jadi tokoh utama di film ini.

No comments:

Post a Comment