Saturday 28 February 2015

Kustomisasi Perangkat Keras Pada Windows 7


Perangkat Keras (Hardware) adalah salah satu komponen komputer. Hardware ada bermacam-macam mulai dari perangkat keras input seperti mouse, keyboard, joystick, scanner dan lain-lain, unit system, storage hingga perangkat keras output seperti monitor, proyektor, printer dan lain-lain. Ada kalanya kerja hardware yang kita miliki kurang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Misalnya, mouse yang terlalu cepat menggerakkan pointer atau keyboard yang terlalu lambat dalam mengetik. Atau kadang kita merasa bosan dengan tampilan pointer yang standar atau suara windows yang itu-itu saja. Tenang saja, kita bisa melakukan kustomisasi terhadap perangkat keras kita. Caranya mudah kok, ikuti saja langkah-langkah berikut:
Pertama, buka Control Panel. Caranya klik start -> Control Panel

Lalu akan muncul control panel seperti ini. Jika belum, ubah view by menjadi small icon

Untuk kustomisasi keyboard, klik keyboard pada control panel.

Kita bisa mengatur repeat delay (jeda waktu mengetik satu karakter dengan karakter yang lain), Repeat rate (kecepatan keyboard dalam mengetik) dan cursor blink rate. Jika sudah, klik OK.

Untuk kustomisasi Mouse, klik mouse pada control panel.
Pada tab buttons, kita bisa menukar fungsi klik kanan dan klik kiri dengan mencentang “Switch primary and secondary buttons”. Kita bisa mengatur kecepatan double klik dan juga mengaktifkan ClickLock.

Melalui tab pointer kita bisa mengganti tampilan pointer. Kita juga bisa mengaktifkan/menonaktifkan pointer shadow. Pada pointers options, kita bisa mengubah kecepatan pointer, mengatur agar pointer secara otomatis bergerak ke default button pada dialog box, mengatur pointer trail, menyembunyikan pointer saat mengetik dan menunjukkan lokasi pointer saat memencet tombol CTRL.

Kita juga bisa mengatur mouse wheel melalui mouse properties -> wheel


Buka control panel -> device and printer untuk melihat printer dan alat lain yang telah terpasang. Klik kanan pada device/printer kemudian pilih properties untuk melakukan kustomisasi.


Untuk kustomisasi suara pada windows, klik sound pada control panel, lalu klik menu sounds. Kita bisa mengatur suara saat windows logon, windows logoff, device connect, critical battery alarm, dan lain-lain. Kita juga bisa menggunakan file suara atau musik lain dengan format .wav dengan cara klik browse.


Untuk kustomisasi hardware yang berhubungan dengan jaringan. Buka control panel ->network and sharing center -> change adapter setting -> klik kanan pada network device.


Kustomisasi monitor dapat dilakukan melalui control panel ->display atau klik kanan pada desktop kemudian pilih screen resolution untuk mengatur resolusi atau pilih personalize untuk mengatur tampilan.



Pada harddisk, kustomisasi dapat dilakukan dengan cara buka windows exploler, klik kanan pada harddisk, kemudian pilih properties.

Selanjutnya, jika ingin melihat spesifikasi hardware yang digunakan, klik start -> run -> dxdiag

Maka akan terlihat spesifikasi hardware yang digunakan.

Atau dengan klik kanan pada computer kemudian pilih properties


No comments:

Post a Comment